RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK LOKASI PERUMAHAN DI KOTA PALU MENGGUNAKAN ALGORITMA BELLMAN-FORD BERBASIS ANDROID

RINI DAMAYANTI (2019) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK LOKASI PERUMAHAN DI KOTA PALU MENGGUNAKAN ALGORITMA BELLMAN-FORD BERBASIS ANDROID. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi lokasi dan mencari rute terpendek perumahan yang ada di Kota Palu. Dalam penelitian ini di penulis menerapan algoritma Bellman-Ford yang bertujuan untuk mencari jalur terpendek menuju perumahan di kota Palu. Metode Bellman-Ford tersebut menghitung semua jalur dari tempat asal ke tempat tujuan yang terbentuk dalam suatu graf agar di temukan jalur terpendek berdasarkan data yang di dapat, data-data tersebut yaitu jarak jalan dan koordinat tempat asal dan tujuan. Dengan simulasi perhitungan dengan mengambil peta dari google api yang di dalamnya terdapat informasi jarak jalan, koordinat tempat asal dan tujuan sehingga terbentuk suatu graf. Metode Bellman-Ford ini menghitung jumlah jarak jalan antara tempat asal dengan beberapa simpul tujuan yang akan dilaluinya pertama kali dengan nilai paling terkecil sehingga akan mengetahui jalan mana yang akan dipilih selanjutnya, dan titik asal terpilih sebagai titik awal dan simpul tetangga sebagia tujuan. proses perhitungan tersebut akan diulang sejumlah titik yang ada sampai mendapatkan jumlah jarak jalan terpendek menuju tempat tujuan. Dengan mengimplementasikan algoritma Bellman-Ford untuk mencari rute terpendek yang diterapkan pada Android Studio 3.3. dapat mennetukan rute terpendek ke lokasi perumahan di kota Palu. Kata Kunci : Android, Rute Terpendek, Algoritma Bellman-Ford.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:03
Last Modified: 29 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item