STRATEGI GURU SEJARAH DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 3 BALAESANG

Winda (2019) STRATEGI GURU SEJARAH DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 3 BALAESANG. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winda, (2019). Stambuk A 311 15 008 yang berjudul skripsi “Strategi Guru Sejarah Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Hasan M.Hum dan pembimbing (II) Dr. Mahfud M, Gamar, M.Pd. Permasalahan dalam tulisan ini 1. Bagaimana Strategi Guru Sejarah Dalam Mengajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesanng, 2. Bagaimana Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam tulisan ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru sejarah dalam mengajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS I di SMA Negeri 3 Balaesang. 2. Untuk Mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesang. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru sejarah, Wakil kepala sekolah, dan 6 orang siswa kelas XI IPS 1. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Cara pengambilan data ini dilakukan dengan cara: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang peneliti gunakan berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Peneliti menganalisis data dengan melakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Strategi Guru Sejarah dalam mengajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesang Strategi yang digunakan guru dapat membuat sesuatu tidak monoton dengan tujuan agar siswa tidak jenuh maupun bosan terhadap materi yang disampaikan oleh guru dapat berupa variasi yang dibuat guru untuk memberikan kesan yang menarik perhatian siswa dalam penyajian kegiatan pembelajaran seperti variasi gaya mengajar guru, penggunaan alat bantu/bahan ajar, dan variasi dalam pola interaksi. 2. Minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Balaesang. Hal yang demikian ditunjukkan dari respon siswa seperti perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan dan perhatian. Namun dari keempat hal tersebut masih memiliki kekurangan seperti perhatian siswa yang masih kurang dalam kegiatan pembelajaran akan tetapi guru dapat mengatasi hal tersebut dengan memusatkan perhatian siswa melalui pertanyaan terkait materi yang diajarkan. Kata Kunci :Strategi, Guru Sejarah, Dan Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:03
Last Modified: 29 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item