AUDIT INTERNAL TERHADAP ADMINISTRASI KEUANGAN (Documentary Analiysis)

Abdul Pattawe, Pattawe A and Fadli Moh. Saleh, M.S. Fadli (2017) AUDIT INTERNAL TERHADAP ADMINISTRASI KEUANGAN (Documentary Analiysis). Project Report. UNTAD Press, Palu, Sulawesi Tengah.

[img] Text
AUDIT INTERNAL TERHADAP ADMINISTRASI KEUANAGN - fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Paradigma baru pengelolaan keuangan negara sesuai dengan paket peraturan perundang-undangan di bidang keuangan negara meliputi Undang-undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara, dan RUU Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara (disetujui dalam sidang paripurna DPR tanggal 21 Juni 2004) setidaknya mengandung tiga kaidah manajemen keuangan Negara, yaitu: orientasi pada hasil, profesionalitas serta akuntabilitas dan transparansi (Syukriy Abdullah 2008). Paradigma ini dimaksudkan untuk memangkas ketidakefisienan (Syukriy Abdullah 2008). Organisasi pemerintah secara umum dipersepsi masyarakat selama ini sebagai organisasi yang birokratis yang tidak efisien, lambat dan tidak efektif (Syukriy Abdullah 2008). Padahal dalam manajemen modern unit pemerintahan harus profesional akuntable dan transparan (Syukriy Abdullah 2008). Seperti dikatakan Max Weber, bapak sosiologi modern bahwa pemerintah memiliki peranan yang sangat penting (Syukriy Abdullah 2008). Ditinjau dari mechanic view pemerintah sebagai regulator dan sebagai administrator, sedangkan dari organic view pemerintah berfungsi sebagai public service agency dan sebagai investor (Syukriy Abdullah 2008). Peranan sebagai regulator dan administrator erat sekali kaitannya dengan birokrasi sedangkan sebagai agen pelayan masyarakat dan sebagai investor harus dinamis dan dapat diitransformasikan menjadi unit yang otonom (Syukriy Abdullah 2008). Bermula dari tujuan peningkatan pelayanan publik tersebut diperlukan pengaturan yang spesifik mengenai unit pemerintahan yang melakukan pelayanan kepada masyarakat yang saat ini bentuk dan modelnya beraneka macam (Syukriy Abdullah 2008). Sesuai dengan pasal 1 butir (23). Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara menyebutkan bahwa Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Sekaitan dengan BLU tersebut, di mana Universitas Tadulako (UNTAD) sebagai salah satu BLU yang melakukan kegiatan pelayanan pendidikan diharapkan mampu beroperasi secara efisien dan efektif. Untuk dapat beroperasi secara efisien dan efektif, maka harus ada dukungan data administrasi keuangan yang memadai yang mana dapat dicapai apabila memenuhi sekurang-kurangnya empat dimensi yang mengukur kualitas data, yaitu akurat, tepat waktu, lengkap dan konsisten. Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah ” Bagaimana kualitas data administrasi keuangan pada berbagai fakultas di Universitas Tadulako berdasarkan hasil audit intern yang dilakukan oleh Satuan Pengawas Intern UNTAD?” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara dokumenter guna mengetahui bagaimana kualitas data administrasi keuangan pada berbagai fakultas di Universitas Tadulako berdasarkan hasil audit intern yang dilakukan oleh Satuan Pengawas Intern UNTAD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Artikel > Faculty of Economics > Ekonomi Akuntansi
Divisions: Faculty of Economics > Economic Accountancy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Depositing User: Unnamed user with email pattrallj@untad.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:35
Last Modified: 17 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item