ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) DI PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) KOTA PALU

TIKA NOVITA, (2023) ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) DI PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) KOTA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK TIKA NOVITA, Stambuk B 101 16 045, Judul Skripsi : “Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Listrik Pintar (Prabayar) di Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Palu”, dibimbing oleh Bapak H. Nastainuddin Bolong Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna listrik pintar (Prabayar) di Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Bharata (2004:11) dimana terdapat 4 unsur penting dalam pelayanan publik yaitu : Penyedia layanan, Penerima layanan, Jenis layanan dan Kepuasan pelanggan. Informan dalam peneltian ini sebanyak 7 (Tujuh) orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah Purpossive. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelyanan terhadap kepuasan masyarakat dilihat dari unsur Penyedia Layanan dan Penerima Layanan sudah baik, hal ini dibuktikan dengan kecepatan dan kehandalan petugas Selain itu PT.PLN (Persero) UP3 Kota Palu sudah memenuhi hak dan kewajibanya sebagai penyedia layanan di ketenagalistrikan dengan melayani 1x24 jam dan juga menyalurkan listrik untuk semua pelanggan, dan penerima layanan sudah menerima hak dan kewajibannya juga tidak ada kesulitan pelayanan yang di berikan. Sedangkan dari unsur jenis layanan dan kepuasan pelanggan belum aman dan belum optimal juga masyarakat pengguna layanan listrik pintar (Prabayar) belum merasa puas, hal ini di buktikan dengan masih banyaknya kekurangan dan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada layanan listrik pintar (Prabayar) yaitu meteran listrik tidak aman karena tidak mempunyai penutup sehingga membahayakan anak-anak, isi pulsa listrik yang tidak sesuai dengan harga,terjadi denda karena meteran listrik prabayar yang error, bertuliskan periksa pada meteran, dan sangat boros 100 ribu hanya bisa di pakai 2 minggu lebih. peneliti menyimpulkan bahwa belum tercapai pelayanan yang prima dikarenakan masyarakat belum puas dengan jenis layanan listrik pintar (Prabayar) yang sering terjadi kendala atau gangguan pada masyarakat yang menggunakan layanan listrik pintar (Prabayar) tersebut. Kata Kunci : Penyedia Layanan, Penerima Layanan, Jenis Layanan, dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item