Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A Di SMPN 1 Sindue Tobata

ELFIRA (2023) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A Di SMPN 1 Sindue Tobata. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Elfira, (2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMPN 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Misnah, S.Pd.,M.Pd Artikel Hasil Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sindue Tobata yang berjumlah 30 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi empat tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart : (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I sebanyak 21 siswa atau 70% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dari 30 siswa atau sebesar 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning. Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item