PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO

FADILLAH (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK FADILLAH, 2020. Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo? Tujuan Penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendiskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 42 siswa dari 120 populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Media pembelajaran di sekolah ini sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan narasumber (Guru) menyatakan bahwa mereka sering menggunakan media dalam pembelajaran dimana ada kendala yang menjadikan terhambatnya penggunaan media seperti alat colokan dalam kelas yang menjadi penghambat dari media yang digunakan. (2) Sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif tentang penggunaan media pembelajaran hal ini di dukung dengan hasil analisis penilaian siswa sebesar 92,86% yang menyatakan setuju hingga sangat setuju bahwa guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru dan 7,14 % yang memiliki persepsi tidak setuju hingga sangat tidak setuju guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Kata Kunci : Persepsi Siswa, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/8863

Actions (login required)

View Item View Item