PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Lies Setyawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lies Setyawati, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas X SMA Negeri 6 Palu Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Purnama Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian prettest-posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel terdiri dari kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen (n=32) dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol (n=34). Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi teori dan empirik. Pengujian data hasil tes kemampuan berpikir kritis menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji prasyarat : uji normalitas, uji homogenitas kemudian di uji hipotesis menggunakan Uji-t (pihak kanan). Hasil penelitian dan analisa data diperoleh nilai rata-rata dari penelitian ini yaitu untuk kelas eksperimen yaitu 75,6 dan kelas kontrol yaitu 69,2. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel atau 2,07 > 1,67 dengan ? = 0,05 menyatakan bahwa H1 diterima. Hasil yang diperoleh menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POE lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap kemamapuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 6 Palu. Kata kunci: POE (Predict, Observe, Explain) POE, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:03
Last Modified: 20 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item