TEKNIS PELAKSANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN PALU V

DALETHA ISKAINDA PERKASIH (2023) TEKNIS PELAKSANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN PALU V. Diploma Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk menyebabkan terjadinya peningkatan kegiatan dan kebutuhannya, untuk memenuhi hal tersebut diperlukan pembangunan prasarana transportasi sebagai bangunan penghubung bagi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu prasarana transportasi adalah jembatan. Pada pembangunan Jembatan Palu V, pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang maka dari itu, penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui teknis pelaksanaan pondasi tiang pancang Jembatan Palu V dan membandingkan antara pelaksanaan pekerjaan di lapangan, bahan dan peralatan yang digunakan, dengan teori beserta spesifikasinya apakah sesuai atau tidak. Penyusunan tugas akhir ini menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi lapangan, wawancara dengan pihak yang terlibat pada pelaksanaan pekerjaan, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada pembangunan Jembatan Palu V menggunakan pondasi tiang pancang komposit baja-beton bertulang dengan diameter 600 mm, panjang 11,5 m mutu tiang pancang ASTM A-252 grade 2 dan mutu beton f’c 30 MPa. Pelaksanaan pekerjaan pondasi tiang pancang meliputi: pengukuran titik pemancangan, penandaan tiang pancang tiap 0,5 m untuk mengetahui panjang tiang yang terpancang, pemancangan tiang pancang, pemotongan tiang pancang dan pengecoran lantai kerja, pengeluaran material dari dalam tiang pancang, penulangan tiang pancang, pengangkutan serta pemasangan tulangan ke titik pemancangan, dan pengecoran tiang pancang. Berdasarkan hasil tinjauan pelaksanaan dan studi pustaka yang dilakukan menunjukkan bahwa tahapan pekerjaan pondasi tiang pancang dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi. Namun ada alat yang digunakan tidak efektif. The increase in population led to the improvement of its activities and needs, to fulfill it required the development of transportation infrastructure as a connecting building for people from one place to another to fulfill their needs. One of the transportation infrastructure is the bridge. On the construction of the Palu V Bridge, the foundation used is the foundation of the stake pole therefore, the writing of the final task aims to know the technical implementation of the foundation of the Palu V Bridge and compare between the implementation of work in the field, materials and equipment used, with the theory and the specifications whether appropriate or not. The preparation of this final task uses several methods namely field observation methods, interviews with parties involved in the implementation of work, documentation, and library studies. On the construction of the Palu V Bridge using a reinforced concrete-steel composite pole Foundation with a diameter of 600 mm, length of 11.5 m of the quality of ASTM A-252 Grade 2 pile and concrete quality F'c 30 MPa. The implementation of the Stake Pile Foundation work includes: the measurement of the erection point, the marking of the stake of each 0.5 m to figure out the length of the pile, pile erection, cutting pile and working floor casting, the production of material from the pile, the repatriation of the pile, the transport and the installation of reinforcement to the erection point, and the casting of the stake. Based on implementation review and the study of the library showed that the stage of the foundation work of the stake and the material used is in accordance with the specifications. But there are tools used ineffective.

Item Type: Thesis (Diploma Thesis)
Subjects: D3 - Diploma Thesis > Civil Engineering
Divisions: Tadulako Subject Areas > D3 - Diploma Thesis > Civil Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item