MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 7 PALU

MILSYARI S. NAOTA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 7 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah “Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam pembelajaran sejarah kelas X ips 1 di SMA Negeri 7 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat melalui model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Palu yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 13 0rang siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan instrument penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan rumus daya serap individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus 1 pada observasi kegiatan guru pada pertemuan pertama sebesar 67%, pertemuan kedua sebesar 69?rada pada kategori kurang. Selanjutnya hasil observasi kegiatan siswa pada siklus 1 dimana pertemuan pertama kegiatan siswa hanya mencapai persentase 62%, dan pertemuan kedua mencapai 73?abeberapa deskriptor yang masih dalam kategori kurang. Dan pada siklus II terjadi peningkatan, yang mana hasil observasi kegiatan guru pada pertemuan ketiga sebesar 94?n pertemuan keempat menunjukan persentase sebesar 96%. Selanjutnya ketuntasan observasi kegiatan siswa pada pertemuan ketiga sebesar 94?n pertemuan keempat sebesar 94?ngan kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan sebanyak 22 orang siswa yang tuntas dari 23 siswa dan 4% atau sebanyak 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampan siswa mengemukakan pendapat dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Palu

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item