PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY (LS) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMAN 5 PALU

TRI WIRANTI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY (LS) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMAN 5 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tri Wiranti, 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pola Lesson Study (LS) Terhadap Kualitas Pembelajaran Kimia Di Kelas X SMAN 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Suherman, (II) Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pola Lesson Study (LS) terhadap kualitas pembelajaran kimia di kelas X SMAN 5 Palu. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah sebagai sebuah konteks bagi para siswa dalam berlatih bagaimana cara berfikir kritis. Lesson Study (LS) bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 5 Palu yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh, nilai rata-rata ( ) kelas ekperimen adalah 74,31 dan ( ) kelas kontrol adalah 70,87. Nilai rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut 56.51%, dan 56.66% dikategorikan cukup aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji regresi diperoleh –ttabel¬< thitung> +ttabel (thitung = 2,469 dan ttabel = 2.042) dengan taraf signifikansi ? = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan hasil analisis data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL menggunakan pola LS terhadap kualitas pembelajaran kimia di kelas X SMAN 5 Palu Kata Kunci: Problem Based Learning, Lesson Study, Hasil belajar, Aktivitas, Struktur atom

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item