ANALISIS KEGIATAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DIKELAS X TKJ1 SMK NEGERI 1 PALU

Nursyamsy K (2019) ANALISIS KEGIATAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DIKELAS X TKJ1 SMK NEGERI 1 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursyamsy Khairiyah. A 311 14 039. Analisis Kegiatan Remedial Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Suyuti dan Pembimbing (II) Iskandar. Persoalan penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Remedial pada mata pelajaran sejarah di kelas X TKJ I SMK Negeri 1 Palu; 2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari kegiatan Remedial terhadap nilai siswa di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 palu. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Remedial pada mata pelajaran sejarah di kelas X TKJ I SMK Negeri 1 Palu; 2) untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kegiatan Remedial terhadap nilai siswa di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 palu. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, Teknik wawancara, teknik Dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan dua hal, yakni: Pertama, pelaksanaan kegiatan remedial yaitu: 1) mengidentifikasi nilai ulangan harian siswa kelas X TKJ 1; 2) menyampaikan nilai hasil ulangan harian siswa; 3) melaksanakan kegiatan remedial; 4) mengidentifikasi nilai hasil ujian remedial siswa kelas x TKJ 1 SMK Negeri 1 palu. Kedua, Dampak positif yaitu peningkatan dalam hasil belajar siswa, adanya keasadaran siswa untuk memperbaiki cara belajarnya, serta motivasi siswa untuk belajar lebih giat dan membuat siswa menjadi lebih memahami materi. Sedangkan dampak negatifnya yaitu kurangnya motivasi siswa untuk belajar seperti rasa malas dan bosan dalam melaksankan remedial, merasa waktu istirahatnya berkurang selain itu remedial juga berdampak pada kondisi psikologi siswa seperti siswa merasa menjadi orang yang paling bodoh diantara teman-temannya, timbulnya rasa kecemburuan sosialserta pearasaan malu yang dirasakan oleh siswa tersebut karena harus mengikuti kegiatan remedial. Kata Kunci: Analisis, Remedial, Mata Pelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:03
Last Modified: 30 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item