PERAN GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS SMAN 5 PALU

ATRILLA UTAMI (2023) PERAN GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS SMAN 5 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Atrilla Utami, 2021. Peran Guru dan Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS SMAN 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Suyuti. Penelitian ini memiiki permasalahan bagaimana peran guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemic Covid 19 di kelas X IPS SMA Negeri 5 Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemic covid 19 ini. Hipotesisnya adalah Peran Guru dan Orang tua sangat mempengaruhi dalam peningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 khususnya dalam Pembelajaran Sejarah. Guru sebagai motivator dilingkungan sekolah dan orang tua sebagai pendorong/motivasi dilingkungan keluarga atau lingkungan terdekat. Sampel penelitian orangtua/wali siswa ini adalah lima orangtua/wali siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumen/dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif, data yang diperoleh dari sumber wawancara maupun dokumentasi akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua dan guru memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Sejarah. Guru memiliki peran dalam mendesain rancangan perencanaan pembelajaran sejarah yang disusun dalam bentuk rancangan perencanaan pembelajaran (RPP). Peran orangtua/wali siswa sendiri sebagai motivator, pembimbing/panutan dan orangtua sebagai fasilitator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran dalam mendesain pembelajaran sejarah dan orangtua di masa pandemic covid 19 ini memiliki peran membimbing, memotivasi dan sebagai fasilitator. Kata Kunci : Peran guru, Peran Orangtua, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item