PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OSMOSIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU

DIANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OSMOSIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dianti, 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Osmosis Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolano Lambunu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Amran Rede Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) terhadap hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa tentang osmosis di kelas VIII SMP Negeri 1 Bolano Lambunu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experimental), yakni dengan menggunakan desain control group posttest-only design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) dan kelas VIII B sebagai kelas pembanding/kontrol dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada aspek kognitif dibuktikan dengan memberikan posttest diakhir pembelajaran dengan perolehan kelas eksperimen sebesar 79,62 dan kelas pembanding 74,69. Pada aspek afektif dan psikomotor dilakukan dengan menghitung persentase dari lembar observasi siswa. Pada aspek afektif kelas eksperimen sebesar 84,77 dan kelas pembanding sebesar 78,75. Pada aspek psikomor kelas eksperimen sebesar 86.85 dan kelas pembanding 79,79. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase nilai ratarata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 83 dan kelas pembanding yaitu sebesar 77. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa tentang osmosis di kelas VIII SMP Negeri 1 Bolano Lambunu. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Osmosis

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9853

Actions (login required)

View Item View Item