PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN, DAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 6 PALU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

NOVER KURNIA LAMBO (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN, DAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 6 PALU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nover Kurnia Lambo, STB. A 322 15 004. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin, dan Kondisi Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 6 Palu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Dr. H. Asep Mahpudz, M.Si dan pembimbing (II): Dr. Lilik P. Utomo, M.Si. Penelitian ini mempunyai tujuan : Menguji pengaruh motivasi belajar, disiplin dan kondisi lingkungan belajar terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 6 Palu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa. Karena populasinya tidak begitu besar, maka anggota sampel ditetapkan sebanyak 100 ?ri seluruh populasi atau sampel populasi, sehingga sampel penelitian sebanyak 67 orang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari hasil uji t ada pengaruh variabel motivasi dan variabel disiplin terhadap variabel hasil belajar geografi masing-masing sebesar 3,390 dan 2,306. Sedangkan berdasarkan hasil uji t, tidak terdapat pengaruh variabel kondisi lingkungan belajar terhadap hasil belajar, dikarenakan nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel (0,811<1> nilai F tabel (10,026>3,14), uji F terdapat pengaruh signifikan variabel bebas (motivasi, disiplin dan kondisi lingkungan belajar) terhadap variabel terikat (hasil belajar geografi). Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa R2 (square) sebesar 0,323 artinya motivasi belajar, disiplin dan kondisi lingkungan belajar dapat menjelaskan perubahan hasil belajar geografi sebesar 32,3% di SMA Negeri 6 Palu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019, sedangkan 67,7% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin, Kondisi Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Geografi

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Social Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Social Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/9919

Actions (login required)

View Item View Item