STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENERAPKAN DISIPLIN SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 5 SIGI

ALFRET PUTRA WIDODO (2023) STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENERAPKAN DISIPLIN SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 5 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Alfret Putra Widodo, (2023). “Strategi Guru Sejarah Dalam Menerapkan Disiplin Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA NEGERI 5 SIGI.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mutawakil, S.Ag, M.Pd
Permasalahan dalam analisis hasil ini ialah, bagaimana strategi Guru sejarah dalam menerapkan disiplin Siswa kelas XI IPS 1 di SMA NEGERI 5 SIGI? Dan apa kendala yang di hadapi oleh Guru sejarah dalam menerapkan disiplin Siswa kelas XI IPS 1 di SMA NEGERI 5 SIGI? Serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh Guru sejarah dalam menerapkan disiplin Siswa kelas XI IPS 1 di SMA NEGERI 5 SIGI. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi serta kendala yang dialami oleh Guru sejarah dalam menerapkan disiplin siswa dan mendeskripsikan Upaya-upaya Guru sejarah dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan disiplin siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 5 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskritif. Subjek penelitian ini ialah parah Siswa dan Guru sejarah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Guru sejarah dalam menerapkan displin Siswa ialah, membiasakan Siswa dalam disiplin waktu, disiplin dalam menggunakan atribut sekolah, disiplin dalam mengerjakan atau mengumpulkan tugas sekolah. Strategi yang di lakukan oleh Guru tersebut guna membiasakan agar selalu disiplin. Namun ada kendala yang di hadapai oleh Guru sejarah dalam menerapkan displin terhadap Siswa yakni, kurangnya perhatian Siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam kelas, kurangnya minat belajar Siswa, dan adapun upaya Guru sejarah mengatasi kendala-kendala yang di hadapi dalam menerapkan disiplin Siswa yakni selalu memberikan pemahanan tentang kepatuhan kepada Tuhan yang maha Esa, mengajarkan Siswa tentang disiplin serta Guru juga melakukan koordinasi dengan masyarakat yang ada di sekitaran area sekolah, yang di mana ketika ada Siswa yang membolos agar bisa secepatnyan di proses.

Kata Kunci: Strategi, disiplin, dan Guru Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100012
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item