PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

RIZAL IRAWAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rizal Irawan, 2021. Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan pendekatan STEM menggunakan mobile learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi listrik dinamis. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Kade , (2). Marungkil Pasaribu
Penerapan suatu model pembelajaran dapat mempengaruhi kemampuan siswa memecahkan masalah, kemandirian, dan interaksi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui pendekatan STEM dengan mobile learning terhadap kemampuan memecahkan masalah, kemandirian dan interaksi siswa dalam pembelajaran siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Balaesang. Metode penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XII dan sampel sebanyak 57 siswa, 29 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian tes tertulis, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Data kemampuan memecahkan masalah fisika, angket kemandirian belajar, dan interaksi memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa menggunakan aplikasi software SPSS dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dapat: 1) memecahkan masalah; 2) memiliki kemandirian; dan 3) melakukan interaksi antara kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar. Kesimpulan bahwa terdapat: 1) pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah; 2) pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar siswa, dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, STEM, mobile learning, kemampuan memecahkan masalah, kemandirian belajar.
?

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100037
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item