SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS SMA NEGERI 6 PALU

MERLIS MANDA (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS SMA NEGERI 6 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMA Negeri 6 Palu merupakan salah satu sekolah di kota Palu yang setiap tahunnya selalu melakukan pemilihan jurusan bagi siswanya. Penjurusan ini dimaksudkan agar nanti siswa dapat menyelesaikan sekolah sesuai dengan minat dan kemampuan akademis masing-masing siswa. Untuk menentukan jurusan harus memperhatikan banyak faktor yang kompleks sehingga dengan banyaknya data siswa yang akan diolah, cukup menyita waktu dan menguras tenaga, serta menuntut ketelitian ekstra sehingga jika terjadi kesalahan pengolahan data maka akan berdampak pada siswa yang bisa saja masuk pada kelas jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan akademiknya. Untuk itu sistem pendukung keputusan penentuan jurusan ini dibuat dapat membantu pihak sekolah untuk mempercepat proses penjurusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan kriteria penilaian yaitu nilai tes penjurusan yang terdiri atas nilai tes matematika, nilai tes bahasa Indonesia, nilai tes bahasa inggris, nilai tes IPA, dan nilai tes IPS. Dari pengujian akurasi data penentuan jurusan yang dihasilkan oleh sistem ini dan dibandingkan dengan data yang didapatkan dari SMAN 6 Palu tingkat akurasi sistem adalah sebesar 80%. Hal ini menunjukan bahwa sistem ini dapat digunakan dalam proses penentuan jurusan siswa.
Kata kunci : sistem pendukung keputusan, penjurusan, SAW

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100418
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item