RAFLI (2020) â€PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNGKU SELATAN“. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rafli, 2020. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Penerapan metode Problem Based Learning dan Discovery Learning pada Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Selatan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ika Listiqowati.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi melalui penerapan metode Problem Based Learning dan metode Discovery learning di kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Selatan. Penelitian ini mengunakan desain “Post-Tesmonly Control Group Designâ€. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Selatan yang berjumblah 149 orang yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Selatan yang dipilih dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 dengan jumblah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 dengan jumblah siswa 37 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analis data berupa hasil uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa menunjukkan thitung sebesar 2,03 dan ttabel sebesar 1,99 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan metode Discovery Learning dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan metode Problem Based Learning pada materi persebaran flora dan fauna di indonesai dan dunia. Hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode Discovery Learning lebih baik daripada yang mendapat perlakuan metode Problem Based Learning.
Kata Kunci ; Problem Based Learning, Discovery Learning Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100530 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |