Aktivitas Kampanye Program Menuju Palu Adipura 2023 Oleh Pemerintah Kota Palu

MOH. DIMAS APRILIYA (2023) Aktivitas Kampanye Program Menuju Palu Adipura 2023 Oleh Pemerintah Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Dimas Apriliya, B 501 19 115, Jurusan Ilmu Komunikasi, Skripsi
Aktivitas Kampanye Program Menuju Palu Adipura 2023 Oleh Pemerintah
Kota Palu. Di bawah Bimbingan Oleh Israwaty Suriady Sebagai Konsultan I
(Satu) dan Giska Mala Rahmarini Sebagai Konsultan II (Dua).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kampanye program Menuju
Palu Adipura 2023 serta melihat hambatan yang dihadapi oleh Pemerintah Kota
Palu selama proses kampanye. Tipe penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan menggambarkan analisis objek penelitian. Teknik penentuan informan
dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih enam (6)
informan yang bersinggungan langsung dengan program Adipura. Penelitian ini
menggunakan teori model kampanye Nowak dan Warneryd dan teori hambatan
komunikasi menurut Cruden dan Sherman. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung dan wawancara
mendalam sehingga data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas kampanye Adipura yang
dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu diharapkan dapat mengubah mindset
masyarakat setempat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dari segi
persaingan komunikasi, nyatanya hambatan berupa rasa apatis masyarakat terhadap
kebersihan masih sering ditemukan. Hal ini menjadikan Pemkot Palu memfokuskan
pada objek komunikasi seperti menyebarkan slogan kebersihan di setiap sudut kota,
yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Palu dengan memperhatikan
kelompok penerima berdasarkan kategori umur yang berbeda-beda, mulai dari
anak-anak, dewasa dan lansia. Kampanye Adipura digaungkan dengan berbagai
penggunaan media seperti media cetak, media audio visual dan media sosial dengan
pesan kampanye yang berisikan tema kebersihan. Kehadiran komunikator seperti
Pemkot Palu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Satgas Adipura dan Perempuan
Adipura dapat meningkatkan kepercayaan publik karena memiliki kredibilitas di
bidangnya, sehingga terlihat wajah Kota Palu yang dulunya kumuh sekarang sudah
bersih sebab publik mengikuti arahan komunikatornya. Dalam pelaksanaan
kampanye, nyatanya hambatan selalu ada. Sejauh ini, hambatan semantik yang
dihadapi oleh pihak masyarakat masih didominasi oleh kurangnya pemahaman usia
lansia terhadap penyampaian kampanye yang digaungkan oleh OPD dan Satgas
Adipura, dan hambatan manusiawi ditemui dalam bentuk perbedaan persepsi, tetapi
hal tersebut menjadi kritik membangun bagi Pemkot Palu untuk terus berbenah
kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100825
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item