RICARDUS GALA (2023) Analisa CFD Pengaruh Penambahan Alur Pada Sudut Belakang Ahmed Body Dengan Slant Angle 25 Terhadap Koefisien Drag. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penurunan hambatan aerodinamika dapat memberikan perubahan kecil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Modifikasi bodi kendaraan adalah salah satu metode pengurangan hambatan aerodinamika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan alur pada sudut belakang model Ahmed Body slant angle 25 terhadap koefisien drag. Tiga model modifikasi alur dibuat untuk diuji pada kecepatan aliran udara 10m/s, 20m/s, 30m/s, dan 40m/s dengan metode simulasi numerik menggunakan software ANSYS workbench 2020R2. Hasil penelitian ini diperoleh penurunan koefisien drag sebesar 4,2 – 9,9% untuk konfigurasi model dan kecepatan aliran udara berbeda, penurunan koefisien drag terendah diperoleh pada model 2 modifikasi empat alur sebesar 9,9?ngan nilai Cd=0,263. Faktor utama yang mempengaruhi penurunan koefisien drag ini adalah pemulihan tekanan di bidang belakang model dengan menjauhnya pusat zona resirkulasi dan berkurangnya vortisitas aliran pada belakang model karena adanya modifikasi alur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/100998 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |