Analisa Pengelolaan Pembelajaran Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 15 Dampelas

NI NYOMAN MEIS INDRIANI (2021) Analisa Pengelolaan Pembelajaran Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 15 Dampelas. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni Nyoman Meis Indriani, 2020. Pengelolaan Pembelajaran Guru di Masa
Pandemi Covid 19 Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 15 Dampelas. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
Rizal
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran guru di masa
pandemi covid 19 pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 15 Dampelas. Penelitian
ini merupakan penelitian yang menggunkan metode deskriptif yaitu suatu metode
yang digunakan untuk memaparkan, mengolah, dan menganalisis data sesuai
dengan fakta. Hasil jawaban dan persentase yang di peroleh dari hasil angket
memberikan gambaran tentang pembelajaran guru di masa pandemi covid 19
kelas IV di SDN 15 Dampelas. Pada butir guru menggunakan bahasa yang baik
dan tidak pernah menyakitkan perasaan anak didiknya diperoleh 13 orang siswa
atau 52% menjawab selalu, 12 orang menjawab sering. Hal ini dilihat langsung
oleh peneliti saat melakukan penelitian di kelas IV SDN 15 Dampelas. Saat proses
belajar dikelas guru memberikan arahan untuk siswa belajar dengan rajin
mengarahkan. Kemudian berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa dari 25
siswa terdapat 14 orang siswa atau 56% menyatakan selalu, terdapat 11 orang
siswa atau 44% menyatakan sering, bahwa dalam proses belajar dikelas guru
mengarahkan siswa untuk rajin belajar baik disekolah maupun dirumah.
Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi
belajar yang optimal. Keterampilan yang Berhubungan dengan Pengembangan
Kondisi Belajar yang Optimal. Setelah melaksanakan proses pembelajaran guru
juga melakukan penilaian secara objektif kepada siswa dan sesuai kemampuan
yang dilakukan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran Guru, Pembelajaran IPS Masa
Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101082
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item