ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL DALAM BENTUK REPRESENTASI BERBEDA

NURSAHNI SITI NORMA DJANJAYA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL DALAM BENTUK REPRESENTASI BERBEDA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nursahni Siti Norma Djanjaya, 2023. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Dalam Bentuk Representasi Berbeda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Pembimbing: Dr. Supriyatman, M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Representasi, Materi Fluida.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa pada materi fluida pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas X IPA Tahun Ajaran 2022/2023. Sedangkan responden yang dipilih adalah subjek penelitian yang nilainya termasuk dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian dalam bentuk essay singkat. Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menerjemahkan representasi verbal dan visual gambar ke dalam representasi matematis dapat bervariasi. Soal nomor 1, 2, 3 dan 4 menguji kemampuan siswa dalam menuliskan persamaan matematis dengan benar dan memberikan keterangan simbol-simbol yang digunakan. Berdasarkan hasil analisa data penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 5 Palu pada kelas X, bahwa soal nomor 1 siswa tidak mengalami kesulitan dikarenakan siswa memahami rumusnya dan pada saat mengerjakan jawabannya siswa benar, pada soal nomor 2 sebagian siswa merasa kesulitan dikarenakan kurang memahami soal yang diberikan dan pada saat mengerjakannya masih banyak jawaban yang salah, pada soal nomor 3 siswa mengetahui representasi apa yang digunakan pada soal yang diberikan, dan soal yang terakhir nomor 4 hampir semua siswa merasa kesulitan menjawab soal yang diberikan dikarenakan keliru dalam menjawab soal yang diberikan dan tidak memahami rumusnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi siswa masih sangat kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101141
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item