Analisis Afiks Derivasional Pada Kalimat Yang Dibuat Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

SHANTI RACHMAWATI AFRILYA (2024) Analisis Afiks Derivasional Pada Kalimat Yang Dibuat Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dari afiks derivasional yang paling dominan dan yang paling sulit digunakan yang terdapat dalam kalimat yang ditulis oleh mahasiswa, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa kesulitan untuk menggunakan fungsi dari afiks derivasional tersebut. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako yang sudah menyelesaikan mata kuliah Morphology. Sampel penelitian ini adalah 151 mahasiswa dari semester 5 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan kuesioner. Dari hasil penelitian analisis ditemukan bahwa: (1) fungsi dari afiks derivasional yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa adalah sufiks verbal –ize yang berfungsi untuk mengubah kata benda menjadi kata kerja, (2) fungsi dari afiks derivasional yang paling sulit digunakan oleh mahasiswa adalah sufiks –wise yang berfungsi sebagai sufiks adverbia yang digunakan pada kata kerja untuk membentuk kata adverbial atau kata keterangan, (3) terdapat dua factor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam menggunakan fungsi dari afiks derivasional yaitu faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101163
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item