ZAHARIATI (2021) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 15 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PHYTAGORAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 15 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PHYTAGORAS
Zahariati 1) Sutji Rochaminah2) Dasa Ismaimuza 3)
e-mail: zahariatiskmbg@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang berpikir kritis siswa SMP Negeri 15 Palu dalam memecahkan masalah Teorema Pythagoras. Penelitian ini berdasarkan pada kategori berpikir kritis menurut Jacob & Sam. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah berdasarkan hasil Penilaian Akhir Semester (PAS). Hasil penelitian ini menunjukkan analisis berpikir kritis subjek kemampuan matematika tinggi pada kategori klarifikasi adalah merumuskan masalah dan informasi dengan tepat dan jelas, pada kategori penilaian subjek menilai dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah, pada kategori inferensi subjek membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang telah diperoleh, pada kategori strategi subjek berpikir secara terbuka dan mengusulkan alternatif lain dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis berpikir kritis subjek kemampuan sedang pada kategori klarifikasi adalah merumuskan masalah dan informasi dengan tepat dan jelas, pada kategori penilaian subjek menilai dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah, pada kategori inferensi subjek membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang telah diperoleh, pada kategori strategi subjek berpikir secara terbuka dan mengusulkan alternatif lain dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis berpikir kritis subjek kemampuan rendah adalah pada kategori klarifikasi adalah merumuskan masalah dan informasi dengan tepat dan jelas, namun tidak menuliskan apa yang ditanyakan dan apa yang diketahui, pada kategori penilaian subjek menilai dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah, pada kategori inferensi subjek membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang telah diperoleh namun kesimpulannya salah, pada kategori strategi subjek tidak berpikir secara terbuka dan tidak mengusulkan alternatif lain dalam menyelesaikan masalah.
Kata kunci: Analisis, Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras, Kemampuan Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101274 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |