ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP NILAI MORAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK BUNGAMPUTI DI KOTA PALU

NURHIDAYA AHMAD (2022) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP NILAI MORAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK BUNGAMPUTI DI KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhidaya Ahmad. 2022. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Nilai
Moral Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B1 TK
Bungamputi Di Kota Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Nurhayati. Pembimbing II Sita
Awalunisah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget
terhadap nilai moral anak pada masa pandemi covid-19 di TK Bungamputi di
Kota Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan metode
penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 5
orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriftif untuk mengukur nilai moral melalui rubrik dan
kuesioner. Berdasarkan hasil rata-rata rekapitulasi persentase minggu pertama
sampai dengan minggu ketiga. Pada aspek menghormati orang tua, persentase
tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 46,6%, sedangkan persentase
terendah terdapat dikategori BB sebesar 6,7%. Pada aspek kedisiplinan,
persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 46,7%, sedangkan
persentase terendah terdapat dikategori BSB sebesar 4,4%. Pada aspek sopan
santun, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 51,1%,
sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BB sebesar 4,4%. Pada aspek
perilaku baik, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 60%,
sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BB sebesar 2,2%. Persentase
bentuk penggunaan gadget pada jenis gadget yaitu kategori “Handphone” yaitu
sebesar 93,3%. Selanjutnya pada kategori “Tablet” yaitu sebanyak 6,7%. Kategori
“iPad” yaitu sebesar 0%. Adapun persentase lama waktu/durasi penggunaan
gadget pada anak pada kategori “Tinggi” yaitu sebesar 60%. Selanjutnya kategori
“Sedang” sebesar 26,7%, dan kategori “Rendah” sebesar 13,3%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa berdasarkan persentase di atas nilai moral pada anak
cenderung belum berkembang sesuai harapan ditambah tingginya persentase
durasi penggunaan gadget terhadap anak, menimbulkan dampak terhadap nilai
moral anak pada masa pandemi covid-19 di Kelompok B1 TK Bungamputi di
Kota Palu.
Kata Kunci: Nilai Moral, Dampak Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101386
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item