CHINDY ANGELLINE (2024) ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGI DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD INPRES 3 TONDO KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Chindy Angelline, 2024. “Analisis Faktor Psikologi Dalam Membaca Permulaan
Siswa Kelas I SD Inpres 3 Tondo Kota Paluâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd,.M.Sn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologi dalam membaca
permulaan siswa kelas I SD Inpres 3 Tondo Kota Palu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber, dan tersedianya referensi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas I. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor psikologi dalam
membaca permulaan siswa di kelas I ini adalah kurangnya minat, bakat, motivasi
dari dalamdiri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung
dengan lingkungan keluarga dan sekolah. Yang pertama, kurangnya dukungan dan
motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian
khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca
permulaan dirumah, yang kedua tidak adanya kreativitas guru dalam mengajarkan
siswa membaca serta tidak adanya fasilitas dari sekolah yang mendukung proses
pembelajaran. Ada pun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi
hambatan membaca permulaan siswa adalah guru kelas lebih memprioritaskan,
memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan
kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa selalu memantau anak dalam
belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus.
Adapaun bentuk-bentuk hambatan yang dihadapi siswa Kelas I SD Inpres 3 Tondo
Kota Palu dalam belajar membaca permulaan adalah sebagai berikut: 1) siswa sulit
membaca abjad dengan lafal yang tepat, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan
huruf vokal, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf konsonan, siswa sulit
menyebutkan beberapa bunyi gabungan huruf vokal dan konsonan, siswa sulit
mengeja suku kata yang diinstruksikan.
Kata Kunci : Analisis, Faktor Psikologi, Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101684 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |