INDRI (2024) Analisis Faktor-faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tipo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Indri (2023). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada
Siswa Kelas 1 SD Negeri Tipo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako, Pembimbing Ratman.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui apa saja faktor-
faktor penghambat membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Tipo. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tipo
dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-
laki. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi belajar membaca
siswa yaitu kurangnya minat belajar dengan presentase sebanyak 75%, kurangnya
rasa percaya diri sebanyak 82,14%, kesulitan mengenal huruf 53,78%, tidak
memiliki latar belakang pendidikan pada usia dini/TK 75%, kurangnya dukungan
dari sekolah, dan faktor utamanya yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan
keluarga. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara dengan
guru. Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah ini dengan cara
memberikan pembimbingan yang lebih maksimal kepada siswa yang mengalami
kesulitan dalam membaca permulaan.
Kata kunci: Membaca Permulaan, Faktor-faktor Penghambat, Fakor Utama
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/101748 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |