Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas IV SDN Inpres 2 Talise

RAFIKA LANGIMPU (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rafika Langimpu, 2024 “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV SDN Inpres 2 Talise”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing: Pahriadi.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, dilakukan tehnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV telah terlaksana dan masuk pada kategori baik dengan hasil persentase 84%. Guru telah mengimplementasikan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, menciptakan lingkungan belajar yang menarik, serta memahami kemampuan literasi dan numerasi siswa. Adapun yang menjadi kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise adalah pembuatan modul ajar serta pembuatan lapor P5. Dan yang menjadi hambatan adalah kurangnya keikutsertaan orang tua dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102231
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item