Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Kelas V SD Islam Khalifah Palu

CANDRA NUR CAHYANI (2024) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Kelas V SD Islam Khalifah Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep IPAS tetap
merupakan tantangan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, guru harus mencari
dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk
memperkuat pemahaman siswa tentang konsep-konsep IPAS. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran problem
based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS kurikulum
merdeka belajar kelas V SD Islam Khalifah Palu. Dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data meliputi,
observasi, wawancara, angket, dan tes soal. Data yang telah diperoleh
kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif. Dari penelitian ini
didapatkan hasil bahwa sebanyak 68,42% siswa merasa menyenangkan
pelajaran IPAS menggunakan model PBL, dan hasil tes menunjukkan bahwa
model pembelajaran PBL tehadap kemampuan pemahaman konsep IPAS
siswa masih perlu ditingkatkan dengan rata-rata nilai 58,94 dibawah KKM
65. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa meskipun ada peningkatan dalam
pemahaman konsep IPAS, masih ada kesenjangan yang perlu diatasi dengan
mengoptimalkan implementasi PBL dan memperbaiki strategi pembelajaran
yang ada. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang
signifikan dalam meningkatkan pembelajaran IPAS di sekolah dan
memberikan pandangan baru tentang bagaimana model pembelajaran berbasis
masalah dapat diadaptasi dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan
pembelajaran siswa yang beragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102233
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item