ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PALU

LISA YULIANTI (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Lisa Yulianti Siduppa, 2022. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik pada
Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidika Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi pendekatan saintifik
pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 4 Palu semester genap tahun ajaran
2020/2021 dan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dan 2) Mengetahui
kendala yang dialami guru geografi dalam implementasi pendekatan saintifik.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.
Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang yaitu wakil kepala sekolah kurikulum,
guru geografi, siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 14 orang.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada semester genap
tahun ajaran 2020/2021 proses pembelajaran dialihkan ke pembelajaran daring,
dalam penerapan pembelajaran pada aspek menalar dan aspek
mengkomunikasikan seringkali terlewatkan karena mengingat waktu
pembelajaran terbatas dan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sudah
terlaksana dengan baik dimana semua aspek sudah diterapkan oleh guru geografi
baik pada aspek mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan
mengkomunikasikan dalam proses pembelajaran dikelas. 2) Kendala dalam
implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran geografi semester genap
tahun ajaran 2020/2021 terkendala sinya/koneksi yang disebabkan jaringan tidak
stabil atau paket data, guru tidak dapat berintraksi secara langsung saat
pelaksanaan pembelajaran daring, dan guru tidak mengetahui perkembangan
siswa secara langsung, pelaksanaan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan
Informasi, menalar dan mengkomunikasikan). Selanjutnya kendala pada
pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yaitu waktu yang terbatas
dan persiapan guru yang kurang dalam menerapkan pendekatan saintifik pada
pembelajaran geografi, sehingga dalam penerapanya kurang bervariasi hal
tersebut membuat siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102236
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item