SIRFAN (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BUDAYA SEKOLAH SISWA KELAS V SDN 9 MAMBORO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Sirfan, 2021. Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Siswa
Kelas V SDN 9 Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi nilai-nilai pendidikan karakter terpilih yakni religius, jujur, tekun,
disiplin, dan peduli/tanggungjawab. b) Mengetahui perilaku religius, jujur, tekun,
disiplin, dan peduli/tanggungjawab siswa SDN 9 Mamboro. c) Hambatan
penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dan solusi yang diupayakan SDN 9
Mamboro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan
metode survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 63 siswa yang ditentukan
berdasarkan perhitungan cara Arikunto. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling yang berarti sampel tersebut ditentukan dengan
pertimbangan tertentu yang terdiri dari siswa kelas V. Pengumpulan data
dilakukan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan, kepala sekolah dan guru telah
membuat program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan
dengan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab.
Pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang
berkaitan dengan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab
adalah dengan 1) Mewajibkan siswa untuk shalat dhuha berjamaah di masjid
sekolah guna melatih sikap religius siswa; 2) Menekankan pada siswa untuk tidak
mencontek saat ulangan guna melatih sikap jujur siswa; 3) Melarang siswa untuk
meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung guna melatih sikap tekun pada
siswa supaya dapat menyimak pelajaran dengan seksama; 4) Menekankan pada
siswa untuk melaksanakan piket sesuai jadwal guna melatih sikap disiplin siswa;
5) Mewajibkan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya guna melatih
sikap peduli/tanggungjawab siswa kepada sesama. Evaluasi program sekolah
berupa parenting school, home visit, mengadakan dewan kelas secara rutin,
komunikasi wali kelas kepada orang tua secara intensif, pendampingan secara
agama (mentoring) dan akademik, tausiyah, dan menjalin kedekatan antara guru
dengan siswa guna menggali masalah siswa. Berdasarkan hasil angket sebagian
besar siswa menunjukkan nilai religius adalah “cukup†(71,4%), nilai jujur adalah
“cukup†(66,7%), nilai tekun adalah “cukup†(82,5%), nilai disiplin “cukupâ€
(66,7%), dan nilai peduli/tanggungjawab “cukup†(79,4%). Dari kelima nilai
tersebut, nilai jujur dan nilai disiplin merupakan nilai dengan presentase paling
rendah yakni masing-masing pada presentase 66,7%, untuk itu diperlukan upaya
dalam meningkatkan nilai jujur dan nilai disiplin di SDN 9 Mamboro.
Kata Kunci : implementasi nilai-nilai karakter, SDN 9 Mamboro
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102237 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |