WAHYU ALAMSYAH (2023) ANALISIS ISI MEDIA INSTAGRAM TAGAR #PALUMANTAPBERGERAK PADA PEMBANGUNAN DI KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
WAHYU ALAMSYAH, STAMBUK B501 19 019. Jurusan Ilmu Komunikasi, 
Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Skripsi 
“Analisis Isi Media Instagram Tagar #PaluMantapBergerak pada 
Pembangunan di Kota Palu†di bawah bimbingan Achmad Herman dan Citra 
Antasari.
#PaluMantapBergerak adalah slogan yang menjadi visi misi yang dicanangkan oleh 
pasangan Hadianto Rasyid dan Reny A Lamadjido dalam menyampaikan informasi 
pembangunan di Kota Palu. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi program pembangunan di Kota Palu 
pada tagar #PaluMantapBergerak di instagram. Penelitian ini menggunakan jenis 
penelitian kuantitatif dengan dasar metode analisis isi, pengambilan sampel 
menggunakan teknik multistage random sampling, sehingga tidak seluruh 
unggahan instagram tagar #PaluMantapBergerak dijadikan sampel penelitian, 
hanya perwakilannya saja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik 
dokumentasi dan lembar coding berdasarkan kategorisasi pembangunan yang telah 
ditentukan. Sampel penelitian dikumpulkan melalui lembar coding dan data 
dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tagar #PaluMantapBergerak adalah program 
pembangunan ekonomi yang berkaitan dengan penguatan UMKM dan revitalisasi 
parkiran; pembangunan sosial yang berkaitan dengan Palu berbagi, Palu religi dan 
event tahunan Kota Palu; pembangunan lingkungan yang berkaitan dengan Palu 
adipura dan Palu ramah; dan pembangunan pelayanan dasar yang berkaitan dengan 
Palu sehat dan tunjangan kesehatan. Frekuensi kemunculan pembangunan Kota 
Palu yang ditemukan oleh peneliti pada tagar #PaluMantapBergerak yaitu terdapat 
frekuensi pembangunan pelayanan dasar yaitu sebanyak 7 frekuensi, kemudian 
disusul oleh pembangunan lingkungan dengan jumlah frekuensi sebanyak 10
tampilan dengan frekuensi program yang paling sering muncul, lalu pada posisi 
ketiga yaitu pembangunan sosial dengan jumlah frekuensi sebanyak 8 tampilan, dan 
pada posisi terakhir dengan jumlah frekuensi paling rendah yaitu pembangunan 
ekonomi yang hanya memiliki frekuensi sebanyak 5 tampilan. 
Kata Kunci: Analisis isi, Media, Instagram, Program Pembangunan
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102303 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

