ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 9 PALU MELALUI PENDEKATAN STEM

TRI UNA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 9 PALU MELALUI PENDEKATAN STEM. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 9 Palu pada materi Larutan Buffer melalui pendekatan STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 9 Palu yang berjumlah 40 orang, sedangkan responden penelitian diambil sebanyak 20 orang yang dipilih secara acak. Data yang dikumpulkan berupa tes keterampilan berpikir kritis reslokough pemberian soal berbentuk esai sebanyak 8 soal yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 9 Palu pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi masing-masing sebesar 76%, 63%, 73%, dan 73%. Hasil rata-rata seluruh indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 9 Palu adalah 71,15%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 9 Palu melalui Pendekatan STEM berada pada kategori Sedang.

Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, STEM, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102709
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item