ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

RISTI RAHMAYANI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika
siswa SMP Negeri 3 Dampelas dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau
dari level berpikir Van Hiele. Subjek penelitian ini yaitu tiga orang siswa yang
berada pada level 0, level 1 dan level 2 perkembangan berpikir Van Hiele.
Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil Van Hiele Geometry Tes
(VHGT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek level 0 berpikir Van
Hiele hanya dapat memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematika, subjek
mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan serta dapat mengubah masalah
pada soal. (2) Subjek level 1 berpikir Van Hiele mampu memenuhi 3 indikator
kemampuan literasi matematika, subjek mampu menuliskan yang diketahui dan
ditanyakan serta dapat menghubungkan dengan konsep luas balok dengan
informasi dari data yang diketahui menghasilkan suatu rencana untuk
menyelesaikan permasalahan menggunakan rumus dengan benar. (3) Subjek level
2 berpikir Van Hiele mampu memenuhi 4 indikator kemampuan literasi
matematika, subjek mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, menuliskan
rumus yang akan digunakan dengan benar, mampu menghubungkan dengan konsep
luas balok kemudian menerapkan pengetahuannya tentang luas permukaan serta
memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102738
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item