ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GENDER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GALANG

SATRIANA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GENDER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GALANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satriana, 2022. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gender Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sukayasa.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan pemahaman konsep pada materi bilangan bulat ditinjau dari gender pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Galang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Galang ditinjau dari gender. Data dikumpul melalui tes tertulis dan wawancara. Peneliti melakukan triangulasi waktu untuk menguji kredibilitas data. Berdasarkan hasil tes tertulis dan hasil wawancara, hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek laki-laki dan perempuan yang mempunyai kemempuan sedang. Hasil penelitian ini (1) Subjek berkemampuan matematika sedang laki-laki pada indikator mengklasifikasikan objek–objek menurut sifat-sifat tertentu pada bagian a mampu mengklasifikasikan dengan cukup baik, pada bagian b kurang mampu dalam mengklasifikasikan berdasarkan sifat-sifat bilangan bulat. Pada indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, mampu menggunakan prosedur dengan baik, pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, belum sepenuhnya mampu dalam memahami konsep. (2) Subjek berkemampuan matematika sedang perempuan pada indikator mengklasifikasikan objek–objek menurut sifat-sifat tertentu pada bagian a belum mampu mengklasifikasikan dengan baik, pada bagian b mampu dalam mengklasifikasikan berdasarkan sifat-sifat bilangan bulat dengan cukup baik. Pada indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, tidak mampu menggunakan prosedur dengan baik, pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, belum sepenuhnya mampu dalam memahami konsep.
Kata Kunci: Analisis; Kemampuan pemahaman konsep; Bilangan bulat; Gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102753
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item