ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI HUKUM II NEWTON SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU

DEWINTA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI HUKUM II NEWTON SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi Hukum II Newton siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah 20 orang siswa dan telah mempelajari materi Hukum II Newton. Responden pada penelitian ini adalah 6 siswa yang masing-masing terdiri dari 2 siswa kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan memberikan tes esai sebanyak 4 nomor soal dalam bentuk soal representasi verbal, representasi grafik, representasi gambar dan representasi matematis kepada subjek penelitian kemudian dianalisis sesuai tahapan Polya dan wawancara yang diberikan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi Hukum II Newton siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu berada pada kategori kurang dengan rata-rata persentase sebesar 36,62%. Pada tahap memahami masalah diperoleh persentase sebesar 51?ngan kategori cukup, tahapan merencanakan pemecahan sebesar 35,25?ngan kategori kurang, tahapan melaksanakan rencana sebesar 23,12?ngan kategori kurang, dan tahapan melihat kembali sebesar 47,50?ngan kategori cukup. Kata kunci: Kemampuan, Pemecahan Masalah, Hukum II Newton, Tahapan Polya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102763
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item