Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa Kelas IX MTs DDI Ogoamas Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tentang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Jenis Kelamin

NURAINUN (2024) Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa Kelas IX MTs DDI Ogoamas Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tentang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurainun, 2024. “Analisis kemampuan visual spasial siswa kelas IX MTS DDI Ogoamas dalam menyelesaikan soal geometri tentang kubus dan balok ditinjau dari jenis kelamin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Sukayasa, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis kemampuan visual spasial siswa kelas IX MTs DDI Ogoamas dalam menyelesaikan soal geometri tentang kubus dan balok ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa dari 28 siswa kelas IX MTs DDI Ogoamas yaitu siswa berjenis kelamin perempuan dan siswa berjenis kelamin laki-laki. Data dikumpulkan dengan metode tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berjenis kelamin perempuan (AR) mampu mengimajinasikan atau menggambarkan sebuah balok yang disusun dari beberapa buah kubus, kemudian subjek juga mampu menentukan panjang, lebar dan tinggi dari balok berdasarkan panjang rusuk dari kubus tersebut, tetapi subjek belum mampu menyelsaikan masalah dengan benar karena keliru dalam menggunakan rumus volume balok, subjek juga tidak mampu menentukan pola dari ketiga kubus yang diketahui dari soal. Subjek berjenis kelami laki-laki (AD) mampu mengimajinasikan atau menggambarkan sebuah balok yang disusun dari beberapa buah kubus, kemudian subjek juga mampu menentukan panjang, lebar dan tinggi dari balok berdasarkan panjang rusuk dari kubus tersebut. Subjek mampu memecahkan masalah dalam menentukan volume balok dengan benar, subjek juga mampu menentukan pola dari ketiga kubus sehingga mampu menentukan volume kubus berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102799
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item