ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LOGARITMA SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 1 SINDUE TOBATA

HITMAN ALAM (2024) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LOGARITMA SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 1 SINDUE TOBATA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hitman Alam, 2024. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan
Logaritma Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 1 Sindue Tobata”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si .
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai
Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Logaritma Di Kelas X
MIA 1 SMAN 1 Sindue Tobata menurut indikator Kastolan. Indikator kastolan
meliputi, Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural, dan Kesalahan Teknik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2
orang siswa yang diambil dari 24 siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Sindue Tobata
pada semester genap 2023/2024. Subjek dipilih dengan mempertimbangkan 1)
siswa tersebut lebih banyak melakukan kesalahan dibandingkan dengan siswa
yang lainnya, 2) kesalahan yang bervariasi. Data diperoleh dari hasil tes tertulis
dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan
kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada indikator Kastolan yang telah
ditetapkan yaitu kesalahan konseptual dengan tidak dapat memilih rumus/sifat
logaritma dengan benar, faktor penyebabnya adalah siswa tidak paham dengan
konsep logaritma yang disampaikan guru. Kesalahan prosedural ditunjukan
dengan kesalahan dalam menjawab soal yang mengakibatkan langkah-langkah
yang ditulis siswa menjadi salah dan juga tidak selesai hingga jawaban terakhir,
faktor penyebabnya adalah siswa tidak paham cara menentukan langkah-langkah
untuk menyelesaikan bentuk persamaan logaritma pada bentuk yang paling
sederhana. Kesalahan teknik dimana siswa melakukan kesalahan dalam operasi
hitung atau melakukan kesalahan dalam memindahkan angka atau operasi hitung
dari satu langkah ke langkah berikutnya, faktor penyebab kesalahan ini adalah
siswa keliru dalam mengoprasikan bilangan tersebut.
Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Persamaan Logaritma.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102930
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item