SOFYANUR (2022) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
SOFYANUR. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII
SMP Negeri 4 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Tadulako. Pembimbing Laode Baisu, Ulinsa.
Kata kunci: Analisis, Kesalahan, ejaan, Teks Deskripsi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan pada teks
deskripsi siswa yang meliputi kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan
penulisan kata dan kesalahan penggunaan tanda baca. Subjek penelitian ini adalah
teks deskripsi siswa kelas VII dan objek penelitian ini adalah ejaan pada teks
deskirpsi siswa kelas VII. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah
pemberian tugas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode
agih. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 3
kesalahan ejaan pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi, kesalahan
ejaan tersebut meliputi: Kesalahan pemaiakan huruf kapital sebanyak 9 kesalahan.
Kesalahan pemakaian huruf kapital pada teks tersebut diantaranya karena siswa
masih kurang pahamn dalam menggunakan huruf kapital. Kesalahan-kesalahan
tersebut antara lain meliputi kesalahan pemakaian huruf kapital pada huruf
pertama kata pada awal kalimat, unsur-unsur nama diri geografi atau nama negara,
daerah dan kota, serapan bahasa asing, huruf pertama nama bahasa, dan huruf
kapital pada huruf pertama di sebuah judul atau sub judul. Kesalahan penulisan
kata sebanyak 11 kesalahan. Kesalahan penulisan kata pada teks tersebut
diantaranya karena siswa masih kurang paham dalam menulis kata dan terburuburu
dalam menulis. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain meliputi kesalahan
penulisan huruf pada kata dasar, kesalahan penulisan kata depan, dan kesalahan
penulisan bentuk ulang. Kesalahan penulisan tanda baca sebanyak 5 kesalahan.
Kesalahan penulisan tanda baca pada teks tersebut diantaranya karena siswa
masih kurang paham dalam meletakan tanda baca pada kalimat dan pargraf.
Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain meliputi kesalahan penulisan tanda baca
titik (.) dan tanda baca koma (,).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102937 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |