ALFINI (2025) ANALISIS KESALAHAN HASIL UAS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GALANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Alfini, 2021. “Analisis Kesalahan Hasil UAS Matematika Siswa Kelas Viii SMP N
2 Galangâ€. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Tadulako,
Pembimbing : Muh.Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendapatkan deskripsi kesalahan dan faktor
penyebab kesalahan dalam mengerjakan UAS siswa kelas VIII SMPN 2 Galang,
tahu ajaran 2023-2024. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah mengambil 12 orang siswa kelas
VIII SMP N 2 GALANG berdasarkan nilai hasil UAS dibawah KKM dan
rekomendasi guru yang dapat mewakili jawaban kesalahan siswa lain. peneliti
melakukan pemilihan subjek dengan melihat nilai hasil ujian akhir semester siswa.
Nilai yang berada di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal) akan dilakukan
analisis kesalahan. Standar nilai KKM yang ditetapkan di sekolah adalah 75,
sehingga nilai UAS siswa yang kurang dari 75 dilakukan analisis kesalahan. Soal
UAS yang diberikan berjumlah 10 nomor, dan diambil 12 siswa dengan lembar
UAS nya berdasarkan rekomendasi guru. Setelah itu, dari akumulasi jawaban
siswa akan dilihat soal yang paling banyak terjadi kesalahan. Kemudian diambil
subjek yang mewakili soal yang paling banyak terjadi kesalahan dalam
pengerjaannya dimana pemilihan subjek didasarkan pada jawaban UAS nya yang
dianggap memiliki kesalahan yang sama, dapat mewakili jawaban siswa yang lain
dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis
kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 2 Galang berdasarkan prosedur
Newman : (1) kesalahan dalam memahami. (2) kesalahan dalam
mentransformasikan, (3) kesalahan dalam keterampilan berproses, dan (4)
kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Faktor penyebab terjadinya kesalahan
: (1) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. (2)
penguasaan keterampilan dasar matematika berupa komputasi matematika yang
masih lemah. (3) minimnya pemahaman konsep yang membuat siswa mudah lupa
pada materi yang sudah dipelajari. (4) model pembelajaran yang belum optimal,
sehingga siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika dan
cenderung menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan
membingungkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102938 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |