INES PRISKILA DJALEHA (2022) Analisis Kesalahan Konsep, Fakta, Prinsip Dan Keterampilan Berdasarkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Pecahan Biasa Dengan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran Di Kelas V SD Negeri 5 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ines Priskila Djaleha, 2021. Analisis kesalahan konsep, fakta, prinsip dan
keterampilan berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal
perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa dan pecahan campuran dengan
pecahan campuran di kelas V SD Negeri 5 Palu. Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mufidah
Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk membantu manusia dalam
mengembangkan dirinya, sehingga mampu menjadi manusia yang berkualitas
tujuan pembelajaran matematika adalah membentuk kemampuan bernalar pada
diri siswa yang tercermin melalui kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis,
dan memiliki sifat objektif, jujur, disiplin dalam memecahkan suatu permasalahan
dalam bidang matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan konsep, fakta, prinsip dan
keterampilan berdasarkan kemampuan berpikir yang dilakukan oleh siswa kelas V
SDN 5 PALU dalam materi perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa dan
pecahan campuran dengan pecahan campuran. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Dengan sampel siswa kelas V SD Negeri 5 Palu.
Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis untuk menganalisis kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal perkalian pecahan dan wawancara untuk
menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Berdasarkan hasil analisis tes
tertulis dan wawancara diperoleh bahwa siswa yang memiliki tingkat kemampuan
berpikir tinggi melakukan kesalahan konsep,prinsip dan keterampilan serta
kesalahan paling sedikit yang dilakukan adalah kesalahan fakta, sedangkan siswa
tingkat kemampuan berpikir sedang melakukan kesalahan fakta, prinsip dan
keterampilan serta kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah kesalahan
konsep, sedangkan siswa tingkat kemampuan berpikir rendah melakukan
kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan/ prosedural.
Keywords : Analisis kesalahan, perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa
dan perkalian pecahan campuran dan pecahan campuran, langkah polya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102950 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |