ANALISIS KESALAHAN KONSEP, FAKTA, PRINSIP DAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN DAN PECAHAN BIASA DENGAN PECAHAN BIASA DI KELAS V SD NEGERI 5 PALU

AKNES DIANA KAMAWO (2022) ANALISIS KESALAHAN KONSEP, FAKTA, PRINSIP DAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN DAN PECAHAN BIASA DENGAN PECAHAN BIASA DI KELAS V SD NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Aknes Diana Kamawo, 2021. Analisis Kesalahan Konsep, Fakta, Prinsip
Dan Keterampilan Berdasarkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Materi
Penjumlahan Pecahan Campuran dengan Pecahan Campuran dan Pecahan Biasa
dengan Pecahan Biasa Dikelas V Sd Negeri 5 Palu. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing (1) Mufidah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan konsep, fakta,
prinsip dan keterampilan dan faktor-faktor penyebabnya berdasarkan kemampuan
berpikir yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN 5 PALU dalam materi
penjumlahan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Palu. Teknik
pengambilan data menggunakan tes tertulis untuk menganalisis kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan dan wawancara untuk
menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Sebelumnya, tingkat
kemampuan berpikir siswa dikelompokkan dengan menggunakan rumus deviasi
standar. Analisis kesalahan yang dilakukan berdasarkan langkah Polya yang
meliputi kesalahan memahami masalah, kesalahan merencanakan penyelesaian,
kesalahan melaksanakan perencanaan, dan kesalahan memeriksa kembali. Uji
kredibilitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan
hasil analisis tes tertulis dan wawancara diperoleh bahwa siswa tingkat tinggi
hanya melakukan 2 kesalahan yaitu kesalahan keterampilan dan prinsip.
Sedangkan siswa tingkat sedang dan rendah melakukan 4 kesalahan, yaitu
kesalahan fakta, konsep, keterampilan, dan prinsip.
Kata Kunci: analisis kesalahan, penjumlahan pecahan, langkah polya,
keterampilan dan prinsip

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102951
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item