ARIFAH RINDIANI (2023) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V DI SD INPRES 3 LERE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifah Rindiani. 2023. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Teks Karangan Narasi Siswa Kelas V Di SD Inpres 3 Lere. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Anjar Kusuma Dewi.
Latar belakang penelitian ini adalah kesalahan siswa penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada teks karangan narasi siswa kelas V di Sd Inpres 3 Lere. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bentuk kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia. (2) Penyebab terjadinya kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada teks karangan narasi siswa kelas V di Sd Inpres 3 Lere.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan sampel karangan peserta didik kelas V di Sd Inpres 3 Lere. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik porpusive sampling Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik baca, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil karangan siswa dalam tes menulis karangan, hasil observasi, dan hasil wawancara terhadap siswa kelas V.
Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan ejaan terbanyak ada pada penulisan huruf dengan 63%, kesalahan penggunaan kata 24?n kesalahan pemakaian tanda baca 13% penyebab kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dalam karangan peserta didik belum memahami kaidah ejaan dan belum menyadari yang ada tulisannya. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasinya adalah dengan memberikan koreksi secara langsung dan memberikan Latihan kepada peserta didik agar terbiasa menulis.
Kesimpulan penelitian ini adalah pada teks karangan peserta didik masih banyak terjadi kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia. Ada beberapa factor penyebab kesalahan tersebut dan guru telah melakukan upaya untuk mengatasinya.
Kata Kunci : Kesalahan Ejaan, Bahasa Indonesia, Karangan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102971 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |