ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT SISWA KELAS X SMA KARUNA DIPA PALU

ANUGRAH MUSTIKA MAIZU (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT SISWA KELAS X SMA KARUNA DIPA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anugrah Mustika Maizu, 2022. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menulis Teks Recount Siswa Kelas X SMA Karuna Dipa Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan (1) Jamiluddin (2) Agussatriana.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan tata bahasa dan kesalahan dominan yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Karuna Dipa Palu tahun ajaran 2021/2022 dalam menulis teks recount. Peneliti menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Karuna Dipa Palu yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisis data dengan menggunakan analisis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membuat 412 kesalahan dalam teks recount mereka yang diklasifikasikan menjadi: simple past tense (34.7%), kata depan (6.1%), kata ganti (3.9%), ejaan (10.7%), dan tanda baca (44.7%). Kesalahan yang dominan adalah kesalahan pengunaan tanda baca. Kesalahan dominan terjadi karena siswa kurang memperhatikan penggunaan tanda baca yang baik dan benar, siswa apatis terhadap penggunaan tanda baca.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Teks Recount, Menulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/102998
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item