ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI POKOK PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIRENJA

SUCI RAMADHANI (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA MATERI POKOK PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIRENJA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suci Ramadhani, 2024. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Materi Pokok Program Linear Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dasa Ismaimuza.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes prasyarat dengan materi pertidaksamaan linear dua variabel dengan pertimbangan siswa yang melakukan kesalahan terbanyak, mampu berkomunikasi dengan baik serta rekomendasi dari guru matematika dengan satu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara berupa satu soal essay dan pedoman wawancara. Teknik wawancara yang digunakan adalah semi terstruktur yang dilakukan dengan siswa yang terpilih guna memastikan jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan matematika tinggi (ST) melakukan kesalahan pada penulisan jawaban akhir (encoding error). Kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan matematika sedang (SS) melakukan kesalahan pada keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan pada penulisan jawaban akhir (encoding error). Kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan rendah (SR) melakukan kesalahan dalam memahami soal (comprehension error), kesalahan dalam mengubah soal kedalam bentuk matematika (transformation error), kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir (encoding error).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103005
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item