INDRIANA (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI MTS SYEKH LOKIYAH TOWALE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan yang
dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
dilaksanakan di MTs Syekh Lokiyah Towale. Subjek dalam penelitian adalah 2
orang siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dari 18 siswa kelas
VII MTs Syekh Lokiyah Towale. Hasil penelitian ini ditinjau berdasarkan analisis
kesalahan Newman, subjek laki-laki melakukan 3 jenis kesalahan yaitu (1)
kesalahan memahami,siswa tidak mencantumkan informasi penting dari soal (2)
kesalahan peubahan atau transformasi, siswa salah dalam memilih operasi yang
digunakan untuk menyelesaikan soal (3) kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa
tidak menuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat. Subjek perempuan
melakukan 3 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan memahami,siswa tidak
mencantumkan dan tidak dapat mengubah informasi penting dari soal (2)
kesalahan peubahan atau transformasi, siswa salah dalam memilih operasi yang
digunakan untuk menyelesaikan soal (3) kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa
tidak menuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat.
Kata kunci : Analisis kesalahan, soal cerita matematika, analisis Newman,
perbandingan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103008 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |