Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika

ILHAM (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ilham, 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Dra. Anggraini, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kesalahan
yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu
variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini
diambil 3 dari 25 orang siswa kelas VII B MTs Alkhairaat Tondo, yang terdiri
dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu
siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan yang
dilakukan oleh subjek AS berupa kesalahan prinsip yaitu subjek tidak dapat
mengubah soal cerita menjadi model matematika. Subjek AS juga melakukan
kesalahan konsep yaitu subjek tidak menggunakan definisi persamaan linear satu
variabel dalam menyelesaikan masalah. Subjek AS tidak melakukan kesalahan
fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. (2) kesalahan yang dilakukan
oleh subjek DT berupa kesalahan prinsip yaitu subjek keliru dalam membuat
model matematika. Subjek DT melakukan kesalahan konsep yaitu subjek tidak
menggunakan definisi persamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan
masalah. Selain itu, subjek DT juga melakukan kesalahan keterampilan yaitu
kesalahan dalam melakukan prosedur penyelesaian. Subjek DT tidak melakukan
kesalahan fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. (3) kesalahan yang
dilakukan oleh subjek FR berupa kesalahan konsep yaitu subjek tidak
menggunakan definisi persamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan
masalah. Subjek FR melakukan kesalahan prinsip yaitu subjek keliru dalam
membuat model matematika. Selain itu subjek FR juga melakukan kesalahan
keterampilan yaitu kesalahan dalam melakukan prosedur penyelesaian. Subjek FR
tidak melakukan kesalahan fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Persamaan Linear Satu Variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103012
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item