Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi

RESKY NOVIANA SUMEDI (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Resky Noviana Sumedi, 2019 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulsko. Pembimbing (I) Nurhayadi dan pembimbing (II) Sudarman.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal limit fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang diambil dari 29 siswa kelas XI IPA 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dilihat dari objek matematikanya yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan prosedural. Kesalahan fakta yang dilakukan siswa yaitu siswa keliru dalam menuliskan simbol limit fungsi. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu (1) siswa tidak memahami aturan dari limit fungsi. (2) siswa tidak mampu menyelesaikan soal dalam bentuk akar dan grafik. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu (1) siswa salah dalam menjabarkan suatu fungsi, dan (2) siswa salah dalam menentukan bentuk akar sekawan dari suatu fungsi. Dan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu: (1) kesalahan dalam melakukan operasi, (2) kesalahan dalam penulisan dan (3) kesalahan prosedur tidak lengkap. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal limit fungsi yaitu siswa kurang memahami konsep dari limit fungsi, siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal, keterampilan yang dimiliki oleh siswa sangat kurang, pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa masih belum cukup atau kurang, dan kurangnya inisiatif siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah didapatkan di sekolah.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Menentukan Nilai Limit Fungsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103021
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item