ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN LANUMOR

NIRA PONSEDO (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN LANUMOR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nira Ponsedo 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SDN Lanumor. Hasil,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Akina
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak dan jenis kesalahan siswa
kelas V SDN Lanumor dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan serta untuk mengetahui faktor penyebab kesalahannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif didasarkan pada langkah pemecahan
masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek penelitian diambil sebanyak 5
orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan
wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesalahan pada
langkah memahami masalah, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan
ditanyakan dalam soal, 2) Kesalahan pada langkah menyusun rencana, siswa
kurang tepat dalam pengunaan rumus dan siswa tidak teliti dalam memaknai soal,
3) Kesalahan pada langkah melaksanakan rencana, siswa kurang teliti dalam
mengerjakan soal, 4) Kesalahan pada langkah memeriksa kembali siswa tidak
memeriksa kembali solusi yang diperoleh, dan siswa kurang tepat memperoleh
jawaban akhir. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu: 1) Siswa
tidak memahami maksud dari soal sehingga tidak menyertakan yang diketahui dan
ditanyakan pada soal, 2) Siswa tidak mampu mengaitkan kalimat matematika
yang ada pada soal, 3) Siswa tidak hafal rumus untuk menyelesaikan
permasalahan yang diberikan, siswa tidak teliti dalam proses perhitungan, siswa
tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan permasalahan yang diberikan. 4)
Siswa tidak memeriksa kembali langkah dalam melaksanakan rencana apakah
sudah benar atau salah.
Kata Kunci: Analisis kesalahan siswa, soal cerita, penjumlahan dan pengurangan
pecahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103040
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item