ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMPN 9 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

ESTI EMBANG (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMPN 9 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Esti Embang, 2022. “Analisis Kesalahan Siswa SMPN 9 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ibnu Hadjar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat di SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih 3 siswa dari 32 siswa berdasarkan hasil ujian tengah semester matematika yang kemudian dikategorikan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita bilangan bulat adalah: (1) Kesalahan memahami: Subjek berkemampuan sedang dan rendah tidak menuliskan informasi yang terdapat pada soal secara lengkap. (2) Kesalahan transformasi masalah: Subjek kemampuan sedang keliru dalam menggunakan operasi hitung bilangan bulat. Subjek menggunakan operasi pengurangan yang seharusnya menggunakan operasi hitung penjumlahan. Subjek kemampuan rendah tidak memahami bilangan bulat negatif pada operasi hitung. (3) Kesalahan keterampilan proses: Subjek kemampuan rendah tidak dapat melakukan proses perhitungan dengan benar yaitu pada operasi hitung perkalian bilangan bulat negatif dan positif. (4) Kesalahan menulis jawaban akhir: Subjek kemampuan rendah tidak dapat menuliskan kesimpulan yang terdapat pada soal.
Penyebab kesalahan siswa meliputi kurangnya pemahaman siswa tentang konsep dasar mengenai materi bilangan bulat, siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, siswa tidak terbiasa dalam menuliskan informasi pada soal, dan tidak mampu menuliskan informasi pada soal, kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal dan siswa tidak terbiasa dalam menuliskan kesimpulan dalam menjawab soal.

Kata Kunci: analisis, Newman, penyebab kesalahan, soal cerita, bilangan bulat, kualitatif,deskriptif, SMPN 9 Palu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103055
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item